Fadilah Dan Adab Berzikir

A. Fadilah Berzikir
Berzikir adalah mengingat Allo ST dengan cara berulang-ulang menyebut namanya dan mengucapkan pujian kepadanya.
Tujuan berzikir adalah untuk mendekatkan diri dan meneguhkan keimanan kepada Alloh SWT. Berzikir dilakukan setiap saat, sekalipun hanya sedikit. Diutamakan sebanyak banyaknya serta terus menerus

Alloh SWT memerintahkan berzikir, antara lain :
1. Ingatlah kamu kepadaku, niscaya aku akan mengingat kamu pula.
2. Berzikirlah kepada Alloh dengan Dzikir yang sebanyak-banyaknya.

Rosululloh SAW mengemukakan beberapa Fadilah berzikir, diantaranya :
1. Alloh berfirman “Aku menurut dugaan hamba-Ku terhadap-Ku. Aku berama hamba-Ku apabila dia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku seorang diri, niscaya aku akan mengingatnya pula. Jika ia mengingat-Ku ketika berada dalam suatu jemaah Dzikir niscaya aku akan mengingatnya pula pada kelompok yang lebih baik. Jka ia mendekatkan diri kepada-Ku satu jengkal, maka aku akan mendekatinya satu hasta. Jika ia mendekatkan diri satu hasta , maka aku akan mendekatinya satu depa. Jika ia datang kepadaku dengan berjalan, maka aku akan datang kepadanya dengan berlari.”
2. Alloh SWT menyebutkan nama orang yang berzikir kepada para yang berada di sisi-Nya.
3. Orang yang berzikir mendapatkan rahmat dan ampunan Alloh SWT.
4. Orang yang berzikir mendapat perlindungan Alloh SWT pada hari kiamat.
5. Berzikir kepada Alloh SWT lebih utama daripada berzihad fi sabilillah dan memeberikan harta yang banyak lagi terus menerus.
6. Orang yang berzikir mendapat ketenangan hidup.
7. Orang yang berzikir di ibaratkan sebagai orang yang hidup dengan rohaninya. Sedangkan orang yang tidak berzikir diumpamakan sebagai orang yang mati.

B. Adab Berzikir
Adab Berzikir kepada Alloh SWT, antara lain :
1. Merendahkan diri, tidak boleh takabur.
2. Mengkhusyukan hati dan tidak lengah atau lalai.
3. Meniatkan untuk menambah keimanan.
4. Memohon ampunan-Nya atas dosa – dosa yang telah di lakukan.
5. Tidak mengeraskan suara.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Terimakasih atas informasi seputar fadilah dan adab berdzikir.Semoga membantu temen-temen yang sedang mencari informasi tersebut.Sehingga dengan mudah mengetahui dan mempraktikannya.
BTW, udah bergabung dengan program publisher dari http://negeriads.com? Kalau belum, boleh dicoba bergabung. Gratis. Sudah ada 10.000+ publisher yang bergabung, lho. Daftar tanpa biaya, dan selalu dibayar tepat waktu. Silakan dicoba aja. Keterangan lengkap ada di websitenya, :)

Posting Komentar